Komponen Penting dalam Teh Serta Manfaatnya



TEH, adalah minuman yang mungkin tidak asing lagi di telinga kita. Dan mungkin di antara kita hampir setiap hari meminumnya. Sebagian dari kita mungkin mengesampingkan minuman teh, dan lebih memilih minum anggur atau minuman bersoda untuk bersantai atau dalam suatu acara. Padahal, pada sepucuk daun teh mengandung 3 komponen penting yang memperngaruhi mutu minuman. Yaitu, kafein yang memberikan efek stimulan, tannin yang memberi kekuatan rasa (ketir) dan polifenol yang memiliki khasiat kesehatan.
Tannin dalam teh yang menimbulkan rasa agak sepat diketahui dapat menghambat penyerapan mineral besi.
Polifenol adalah antioksidan yang kekuatannya 100 kali lebih efektif dibandingkan vitamin C dan 25 kali lebih tinggi dibandingkan vitamin E. Polifenol bermanfaat untuk mencegah radikal bebas yg merusak DNA dan menghentikan perkembangan sel-sel liar (kanker)
Teh sebagai sumber antioksidan barangkali sama besarnya dengan khasiat anggur merah. Segelas anggur merah mengandung katekin (sejenis antioksidan) 300mg, secangkir teh hijau kadar katekinnya 375 mg dan teh hitam 210 mg.
Melihat begitu besar manfaat dari teh, janganlah anda ragu-ragu untuk bersantai dengan secangkir teh, daripada dengan minuman lain yang kurang menyehatkan.

Manfaat dari secangkir teh :
Menghindari penuaan dini
Minuman teh mengandung zat antioksidan yg berfungsi melindungi tubuh dari efek polusi dan penuaan dini.
Tidak membuat sakit kepala dan susah tidur
Meski terdapat kafein, namun kadarnya hanya 30-40 mg kafein sehingga tidak membuat sakit kepala atau susah tidur. Bandingkan dengan secangkir kopi yg mengandung 135 kafein.
Mengurangi resiko serangan jantung dan stroke
Minum teh membuat peredaran darah menjadi lancar dan bersih. Hasil studi di Belanda memperlihatikan orang yang minum 2-3 cangkir teh hitam per hari memiliki sedikit resiko serangan jantung daripada yang tidak pernah minum teh.
Mengatasi kanker
Zat antioksidan bernama polyphenols yang ada dalam teh dapat memerangi penyakit kanker. Tentunya formula yang tepat.
Memperkuat tulang
Teh rupanya memiliki keunggulan lain. Bukan hanya kalsium di dalam susu yang membuat tulang anda kuat, orang yg rutin minum teh memiliki massa tulang lebih padat.
Memutihkan gigi
Anggapan minum teh bisa membuat gigi nampak kusam rupanya tidak benar, karena ternyata teh mengandung fluoride untuk mengusir karang gigi.
Bebas kalori
Tanpa tambahan pemanis, gula atau susu, teh tetap bebas kalori. Dengan begitu, teh bagus dikonsumsi bagi orang yang berdiet atau yang ingin mempertahankan berat badan.

sumber : Kartini magazine

0 komentar:

Posting Komentar