Yang Perlu Diperhatikan Saat Minum Teh




Yang perlu :
  • Saat minum teh jangan langsung ditelan, tapi berkumur-kumur atau endapkan sebentar kemudian baru ditelan. Teh mengandung fluoride yang berfungsi menjaga kesehatan gigi dan gusi.
  • Minum teh minimal secangkir sehari dapat menekan angka kematian.
  • Para manula yang memiliki kebiasaan minum teh akan mengurangi resiko kematian akibat penyakit jantung.
  • Seduh teh dalam air hangat selama 3 menit, untuk mengambil khasiat antioksidannya.

Yang tidak perlu :
  • Hindari minum teh panas, karena justru mendorong timbulnya kanker kerongkongan.
  • Jagan minum teh sehabis makan, karena menu lengkap vitamin, mineral dan protein tidak akan terserap tubuh secara baik akibat terhambat kehadiran teh.
  • Dianjurkan bila minum teh jangan dicampur gula. Gula akan menghambat bahan aktif di dalam teh yg menghambat penumpukan kolestrol dan mengurangi lemak jahat di dalam darah.

Jangan minum teh bila...

Yg mengalami gangguan ginjal
Pasien yang fungsi ginjalnya tidak baik biasanya tidak dapat menahan kencing, sementara teh berfungsi melancarkan pembuangan air kemih.
Wanita hamil
Wanita yang sedang hamil dan terlalu banyak minum teh, dapat mengakibatkan anemia dan kekurangan zat besi. Akibatnya janin dalam kandungan bisa mengalami kekurangan zat besi bawaan. Setelah lahir, bayi juga akan menderita anemia dan kekurangan zat besi.
Ibu menyusui
Wanita yg sedang menyusui sebaiknya tidak minum teh kental. Karena salah satu racun dalam teh(kafein) bisa mempengaruhi pengeluaran air susu, ASI menjadi berkurang. Selain itu kafein bisa masuk ke dalam tubuh bayi melalui air susu dan mengakibatkan usus bayi menjadi kejang (kolik), suatu kondisi di mana bayi menangis tak henti-hentinya.
Demam
Untuk orang yang sedang menderita demam, minum teh bukannya menurunkan suhu badannya tetapi justru meningkatkan suhu panas tubuhnya. Hal ini dikarenakan theophylline dalam teh dapat meningkatkan suhu badan, bahkan membuat fungsi obat penurun suhu badan menjadi berkurang manfaatnya.
Lemah syaraf dan insomnia
Kandungan kafein dalam teh dapat mengakibatkan bergairahnya sistem syaraf dan menaikkan metabolisme dasar, sehingga akan membuat sipenderita semakin sulit tidur dan merasa gelisah.
Anak2
Tidak terlalau baik untuk anak-anak, karena setelah minum teh mudah menurun nafsu makannya. Selaput lendir saluran pencernaan juga menyusut, sehingga mempengaruhi pencernaan makanan dan penyerapannya.
Penderita penyakit jantung akut
Harus menghindari minum teh kental, karena kadar kafein dalam teh bisa merangsang dan menaikkan tekanan darahnya. Bila tetap minum, berpengaruh pada jantung : berdetak cepat, merasa sangat gelisah bahkan mengalami arrhythmia (tidak adanya irama jantung).

Tips tata saji teh yang benar
Untuk mendapatkan hasil seduhan yang sempurna, serta menikamati rasa dan mendapatkan manfaatnya perlu cara penyajian yang tepat. Tata cara penyeduhan itu meliputi :
  1. Pertama, siapkan teko/ceret teh. Kalao tidak ada teko, cukup sediakan wadah yang tidak melepaskan bau dan tahan panas.
  2. Tuangkan 1 sendok kecil daun teh setiap cangkir yg akan disajikan.
  3. Untuk menyeduh teh hitam dan oolong, gunakan air matang yang masih dalam keadaan mendidih. Sedangkan teh putih dan hijau, gunakan air yang baru mulai menguap.
  4. Setelah air dituang, tunggu 3-5 menit untuk teh hijau, dan 5-7 menit untuk teh putih dan oolong. Masa penyeduhan ini bisa diatur menurut selera penikmatnya. Saring daun tehnya dan sajikan.
Terimakasih, semoga bermanfaat.

sumber : Kartini magazine

0 komentar:

Posting Komentar